Gunung-gunung Paling Indah Di Indonesia

1. Gunung Rinjani

Gunung yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi soal kecantikannya. Salah satu dari daftar gunung tertinggi yang ada di Indonesia ini berketinggian 3.726 MDPL (meter diatas permukaan laut) dan sudah menjadi tujuan wajib dikalangan pecinta alam. Rinjani memiliki berjuta keindahan yang tak bisa diucapkan. Mulai dari Segara Anak yang mempesona hingga puncak dengan pemandangan yang menyejukan hati.



Jika ingin mendaki gunung ini, anda bisa melakukannya melalui desa Senaru ataupun desa Sembalun Lawang dengan waktu tempuh rata-rata 7-10 jam berjalan kaki dengan jarak 8 kilometer. Rasa lelah anda akan terbayar sembari menikmati keindahan Rinjani yang tiada duanya.

2. Gunung Kelimutu

Merupakan sebuah gunung indah dengan danau berwarna merah dan juga biru. Gunung Kelimutu yang berlokasi di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, gunung yang berketinggian 1.639 MDPL ini adalah yang menjadi obyek gambar pada Uang pecahan Rp.5000 an pada tahun 1992. Gunung ini memiliki 3 danau kawah di puncaknya. Uniknya lagi, ketiga danau ini memiliki warna yang berbeda-beda yaitu merah, biru dan juga putih yang selalu berubah-ubah seiring perjalanan waktu.


Anda bisa berkunjung kesana untuk menikmati keindahan danau, namun tidak semua daerah bisa anda jelajahi. Karena ada beberapa yang dibatasi karena berbahaya dan memiliki tanah yang tidak stabil. Jika berminat untuk mengunjungi gunung ini anda bisa melewati jalur dari Moni ke Kelimutu. Anda akan melalui jarak 12 kilometer dari Moni menuju puncak.

3. Gunung Bromo

Berlokasi di Jawa  Timur dan berada di 4 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 MDPL dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger. Bentuk Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.


Lautan pasir inilah yang menjadi salah satu suguhan yang akan memanjakan pengunjung. Walaupun sedikit berdebu, namun akan terbayar saat anda melihat keindahan alam pegunungan yang sejuk dan indah. Di sinilah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan momen sunset dan sunrise yang dapat terlihat dengan sangat jelas.

4. Gunung Jaya Wijaya

Adakah gunung bersalju di Indonesia? Ada, anda bisa menemukannya di Puncak Jayawijaya. Puncak Jayawijaya atau yang lebih singkat disebut Puncak Jaya adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang mempunyai salju abadi. Ketingginya yang mencapai 4.884 MDPL yang memungkinkan untuk memiliki salju abadi. Sayangnya, salju ini semakin menyusut setiap tahunnya dikarenakan pemanasan global yang semakin menjadi.


Gunung Jaya yang terletak di Papua ini juga dikenal dengan nama Cartensz Pyramid yang diambil dari nama sorang petualang dari negeri Belanda, Jan Cartensz. Ia adalah orang pertama yang melihat gunung bersalju di daerah tropis melalui pengamatannya pada tahun 1623 di sebuah kapal laut.

5. Gunung Semeru

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 MDPL. Berlokasi di Jawa bagian Timur, Gunung Semeru terkenal dengan puncaknya, yaitu Mahameru. Gunung ini pernah dijadikan lokasi syuting film yang berjudul 5cm, ya pasti tidak asing di telinga anda para pecinta alam yang juga penggemar film Indonesia. Di puncak Gunung Semeru ini anda bisa menemukan kawah bernama Jonggring Saloko.



Jika anda berencana mendaki Semeru, anda membutuhkan waktu selama 4 hari untuk pulang pergi. Saat sampai di pos Ranu Pani, anda akan mendapati dua buah danau yaitu danau Ranu Pani dan Ranu Regulo yang terletak pada ketinggian 2.200 mdpl. Setelah anda berjalan dari pos Ranu Pani selama 3-4 jam anda akan bertemu kado istimewa dari gunung Semeru yaitu Danau Ranukumbolo. Ranukumbolo adalah salah satu danau yang akan anda lewati selama pendakian, danau ini berada diketinggian 2.390 Mdpl yang terkadang menjadi salah satu tujuan pendakian selain puncak Mahamerukamu.

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Jagad Ingsun © 2015. All Rights Reserved.
Powered by Blogger
Top