Berikut Adalah Beberapa Tanda Laitatul Qodar



Ini Tanda-Tanda Malam Lailatul Qodar Menurut Hadits  Rasulullah. Beberapa di antaranya seperti terdapat di bawah ini:
  1. Rasulullah saw bersabda, ”Lailatul qodar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani.
  2. Rasulullah saw bersabda, ”Sesungguhnya aku diperlihatkan lailatul qodar lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban)
  3. Rasulullah saw bersabda, ”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi dari pada jumlah pepasiran.” (HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani) 
  4. Rasulullah saw bersabda, ”Tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya cerah tanpa sinar.” (HR. Muslim)
  5. Rasulullah saw bersabda, ”Carilah dia (lailatul qodr) pada sepuluh malam terakhir di malam-malam ganjil.” (HR. Bukhori Muslim) 
  6. Dari Abu Said bahwa Nabi saw menjumpai mereka pada pagi kedua puluh Ramadhan, beliau berkhotbah. Dalam khutbahnya beliau saw bersabda, ”Sungguh aku diperlihatkan Lailatul qodar, kemudian aku dilupakan — atau lupa — maka carilah ia di sepuluh malam terakhir, pada malam-malam ganjil.” (Muttafaq Alaihi) 
  7. Diriwayatkan oleh Bukhori Muslim dari Ibnu Umar bahwa beberapa orang dari sahabat Rasulullah saw bermimpi tentang Lailatul Qodar di tujuh malam terakhir. Menanggapi mimpi itu, Rasulullah saw bersabda,”Aku melihat mimpi kalian bertemu pada tujuh malam terakhir. Karena itu barangsiapa hendak mencarinya maka hendaklah ia mencari pada tujuh malam terakhir.” 
  8. Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Carilah ia di sepuluh malam terakhir. Jika salah seorang kalian lemah atau tdak mampu maka janganlah ia dikalahkan di tujuh malam terakhir.” (HR. Muslim, Ahmad dan Ath Thayalisi) 
Itulah beberapa tanda datangnya malam Lailatul Qadar.
Semoga Alloh selalu memberi kesempatan untuk merasakan malam Lailatul Qadar.
Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat.

Baca juga : 6 bukti nyata Alquran di Bumi

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Jagad Ingsun © 2015. All Rights Reserved.
Powered by Blogger
Top