Inilah Jejak Kaki Pertama Nabi Adam Di Bumi





Pada pulau Ceylon , Sri Langka terdapat gunung berbentuk kerucut dengan ketinggian 2240 meter, yang disucikan bagi empat agama di Dunia. Tempat ini dikenal sebagu Puncak Adam atau Adam's Peak. Di beri nama puncak Adam karena terdapat sebuah situs berbentuk telapak kaki berukuran sangat besar hingga mencapai 180 cm.


Agma Hindu percaya bahwa jejak itu merupakan milik dewa Siwa yang pernah berhenti disana dan menyebut gunung tersebut sebagai "Siwa-Nadi-Padan".




Umat Buddha menyebutnya "Sri Pada" atau "Jejak Suci". Menurut legenda yang mereka percayai, Buddha pernah berkunjung ke gunung ini pada 500 SM, dan Kuil Buddha pertama dibangun di sini sudah sekitar 300 SM.

Sedangkan Umat Muslim mempercayai bahwa ketika Nabi Adam turun dari surga ke dunia, disinilah tempat pertama yang beliau pijak, pada gunung ini dikarenakan letaknya paling dekat dan mirip dengan surga. Karena hal tersebut para masyarakat Sri Langka mengibaratkan tempat ini sebagai surga karena keindahan panorama alamnya yang sangat luar biasa.

Dan bagi umat Katolik Kristen ketika pemerintahan kolonial Portugis di Ceylon saat pertengahan abad ke-17 jejak kaki ini memiliki arti yang berbeda. Menurut mereka, jejak kaki itu merupakan milik St. Thomas pada saat misi misionarisnya di Asia Selatan.

Ketika musim kemarau tiba ribuan peziarah akan berdatangan setiap hari mulai dari Umat Buddha, Hindu, Muslim dan Kristen serta beberapa wisatawan lain. Diperkirakan peziarah pertama muncul di sini pada abad XI. Marco Polo saat melakukan penjelajahnya mempercayai bahwa di puncak gunung adalah kuburan Adam.

Hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai berapa umur jejak kaki tersebut atau komposisinya terbuat dari apa walaupun teknologi sekarang dapat mengetahuinya lebih pasti.

Sekian artikel kali ini, maaf jika banyak kekurangan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share.!
Wassalam

 Baca Juga : 9 Peninggalan Rosulullah SAW

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Jagad Ingsun © 2015. All Rights Reserved.
Powered by Blogger
Top