Elysia chlorotica atau Siput laut hijau bernampak sebagai hewan, yang memiliki bagian tanaman dalam tubuhnya. Ini merupakan hewan pertama yang ditemukan memiliki pigmen klorofil, berfungsi seperti layaknya tumbuhan.


 phys.org
Siput ini telah mencuri gen yang memungkinkan mengambil kemampuan dari ganggang yang mereka makan. Dengan gen aneh ini, siput dapat melakukan fotosintesis - proses yang digunakan tanaman untuk mengubah sinar matahari menjadi energi.
"Mereka bisa membuat molekul yang mengandung energi tanpa harus makan apa pun" kata Sidney Pierce, seorang ahli biologi di University of South Florida.
Pierce telah mempelajari makhluk unik ini selama kurang lebih 20 tahun. Dia mempresentasikan temuan terbarunya di pertemuan tahunan Society for Integrative and Comparative Biology di Seattle.
Ini merupakan pertama kalinya hewan multisel mampu menghasilkan klorofil
Siput laut hidup di rawa garam di New England dan Kanada. Selain memiliki gen yang diperlukan untuk membuat pigmen klorofil hijau, siput ini juga mempunyai sel kecil yang disebut kloroplas, yang digunakan untuk fotosintesis


 researchgate.net
Kloroplas menggunakan klorofil untuk mengubah sinar matahari menjadi energi, seperti halnya tanaman, menghilangkan ketergantungan pada makanan dari sumber makhluk hiduplain.
Pierce memelihara siput ini di akuarium, selama berbulan-bulan, dan hanya memberikan sinar matahari selama 12 jam. Unik hewan bisa bertahan hidup tanpa memakan apapun.


 seaslugforum.net/find/1969
Peneliti menggunakan pelacak radioaktif untuk memastikan siput ini benar-benar memproduksi klorofil sendiri, bukan hanya karena pigmen yang sudah ada dari ganggang yang mereka makan. 
Bahkan, siput mengolah materi genetik dengan sangat baik, mereka menurunkan ke generasi berikutnya.
Anak-anak siput ini mempertahankan kemampuan untuk menghasilkan klorofil mereka sendiri, meskipun mereka tidak dapat melakukan fotosintesis sampai mereka sudah memakan cukup ganggang untuk menyerap kloroplas yang diperlukan.
Terimakasih telah membaca, bantuin share yaak!!
Referensi
livescience.com/6030-surprising-sea-slug-plant-animal.html