Ini Dia Hewan Paling Tahan Siksaan, Dan Yang Paling Kuat





Jika ada pertanyaan, hewan apa yang paling kuat di bumi? Tardigrada lah jawabannya. Karena hampir tidak ada satupun yang ada di dunia ini bisa membunuhnya.

Tardigrada merupakan hewan mikroskopis yang sangat kecil, dengan banyak kaki, hewan ini hanya bisa terlihat dengan mikroskop. Bentuknya lucu dan agak gemuk. Meski demikian, kemampuannya bertahan hidup merupakan yang paling tidak masuk akal di bumi.

Bahkan air mendidih dengan suhu di atas 150 derajat celcius pun tidak akan mematikanya. Bagaimana kalau dibekukan? Ternyata hewan ini juga masih dapat hidup, suhu minus -250 derajat celcius dan beku pun tidak akan dapat membunuhnya.

Sejumlah pengujian mengenai Tardigrada telah dipublikasikan dalam Scientific Reports dan diketahui hewan ini memiliki lebih dari 2.000 spesies dan biasa hidup di laut dalam,



Pada pengujian lain, tardigrada diujicoba dengan paparan radiasi seperti jika terjadi ledakan nuklir. Tardigrada juga tetap hidup.

Yang terbaru, para ilmuwan mengirimkan tardigrada dalam misi luar angkasa dan membuatnya dalam kondisi hampa udara dan tekanan tinggi. Hewan mikroskopis ini juga tetap hidup, setidaknya sampai 12 hari dapat bertahan di ruang angkasa tanpa udara.



Bagaimana kalau diberi tekanan besar? Kalau ini jangan ditanya, karena sudah dapat dipastikan Tardigrada akan tetap hidup. Hewan ini sudah terbiasa hidup dengan tekanan tinggi, karena ia biasa terdapat di laut terdalam di bumi.

Satu-satunya yang membuat Tardigrada seakan mati, adalah ketika dikeringkan dengan suhu tinggi dan tidak diberi makanan. Tardigrada akan terlihat mengkerut dan seperti mati dengan tidak ada pergerakan dan tanda kehidupan.

Namun menariknya, saat kondisi lingkungan sudah kembali normal, tardigrada yang sudah kering ini akan kembali hidup dan menyerap nutrisi yang ada disekitarnya. Sekali lagi, tardigrada tidak mati.


Baca juga : Organisme terberat di Bumi
                     Wujud Pohon yang bisa berjalan untuk menaungi Rasulallah



0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Jagad Ingsun © 2015. All Rights Reserved.
Powered by Blogger
Top